Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Dengan Menjaga Komunikasi Yang Efektif

cara menjaga keharmonisan rumah tangga

Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga – Sampai sekarang ini, masih banyak sekali pasangan yang belum menyadari bahwa menjaga komunikasi yang baik, efektif dan efisien, itu sangat penting bagi keharmonisan rumah tangganya.

Akibatnya, tidak jarang komunikasi yang terjalin menjadi sia sia. Padahal, komunikasi merupakan salah satu penentu kualitas hubungan antara suami dan istri. Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, komunikasi merupakan salah satu cara menjaga keharmonisan rumah tangga.

Nah dengan menjaga komunikasi yang baik, efektif dan efisien, maka setiap maksud atau tujuan dari obrolan atau masalah yang dibicarakan dengan pasangan, dapat tersampaikan dengan baik.

Idealnya, setiap komunikasi di dalam rumah tangga didasari tujuan dan arah yang jelas sehingga tidak menghambur hamburkan tenaga dan waktu untuk hal hal yang tidak penting. Banyak komunikasi di dalam rumah tangga yang tidak dilandasi dengan tujuan yang jelas.

Sehingga hal tersebut berpotensi menimbulkan kesalahpahaman karena salah satu diantara mereka gagal paham. Kalau orang sekarang bilang pakai kode, banyak diantara pasangan zaman sekarang sukanya main kode jika menginginkan sesuatu.

cara menjaga keharmonisan rumah tangga

Nah sialnya pasangannya tidak paham dengan kode yang diberikan. Selanjutnya apa yang terjadi? Tentu saja kekecewaan karena mengira pasangannya tidak peka, tidak paham dll.

Itulah salah satu contoh komunikasi yang buruk dalam rumah tangga. Oleh karena itu agar tidak terjadi komunikasi yang salah kaprah, sehingga mengakibatkan gagal paham. Maka ciptakanlah komunikasi yang efektif dan efisien.

Nah salah satu cara membangun komunikasi yang efektif sebagai salah satu cara menjaga keharmonisan rumah tangga. Yaitu dengan cara memahami kondisi psikologis pasangan Anda. Minimal Anda tahu apa yang pasangan Anda suka ataupun yang tidak.

Serta Anda harus paham betul kapan waktu yang tepat untuk memulai obrolan atau komunikasi dengan pasangan Anda. Misal suami baru pulang kerja, maka ketika Anda ingin mengkomunikasikan hal hal yang sifatnya sensitif, maka akan lebih baik jika ditunda terlebih dahulu.

Carilah waktu yang pas, bisa pada waktu suami sedang santai, mungkin pas sedang ngeteh atau ngopi. Dan Mulailah dari obrolan yang ringan ringan terlebih dahulu.

Nah dengan begitu Anda pun akan lebih mudah menyampaikan unek unek Anda, dan pasangan Anda pun bisa lebih nyaman ketika mendengarkan serta menanggapi unek unek Anda tersebut.

Satu lagi, ketika pandangan atau pendapat yang Anda sampaikan tidak diterima oleh pasangan Anda, maka janganlah Anda marah. Anda harus siap menerima, dan sebisa mungkin carilah kata sepakat, biar antara Anda dan pasangan bisa sama sama enak.

Dan setiap ada masalah atau kesalah pahaman, segera mungkin komunikasikan dengan pasangan Anda. Agar masalah tersebut dapat segera terselesaikan dengan baik.

InsyaAllah jika Anda bisa menjaga komunikasi dengan baik. Maka rumah tangga Anda pun akan lebih harmonis. Kalaupun ada masalah, maka masalah itu dapat terselesaikan dengan cepat.

Baik, itulah cara menjaga keharmonisan rumah tangga dengan menjaga komunikasi yang baik dan efektif. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda. Khususnya untuk Anda yang sudah berumah tangga.

Tolong Dishare Ya....